Membedakan Jenis Murai Batu Jantan Dan Betina

Membedakan Jenis Murai Batu Jantan Dan Betina - Selamat datang pembaca, kesempatan ini kami akan memberi info mengenai langkah membedakan jenis atau ciri ciri burung murai batu jantan dan betina, karena kita semua paham bila burung murai batu merupakan satu diantara burung idola untuk lomba atau kontes.

Membedakan Jenis Murai Batu Jantan Dan Betina
Membedakan Jenis Murai Batu Jantan Dan Betina

Nah bila anda satu diantaranya peminat burung murai batu tetapi bingung cara membedakan mana burung murai batu jantan mana burung murai batu yang betina maka anda telah datang ketempat yang pas karena berikut ini bakal kami jelaskan langkah membedakan burung murai batu jantan dan betina.
Ada yang menyebutkan bila murai batu jantan dapat di lihat dari suara kicauannya yang keras dan merdu. Sedang sang murai betina tdk mempunyai suara yang sebagus murai jantan. Tetapi bila anda belum begitu memahami tentang kicauan, anda perlu lihat dari sisi fisik dulu karena lebih mudah.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina

Terdapat banyak sekali sesungguhnya cara membedakan jenis kelamin burung murai batu, apabila di lihat dari fisik atau postur. Banyak penghobi dan penangkar senior sudah tahu secaranya mendetail, namun untuk orang pemula yang tidak mengetahui mereka tentu rawan sekali jadi bulan-bulanan banyak penjual murai yang tidak bertanggung jawab

Untuk melihat jenis kelamin murai dewasa sebenarnya sangat mudah, walaupun dari segi fisik antara jantan dan betina hampir sama. Berikut cara membedakan jantan dan betina :

Murai Batu Jantan.
1. Mempunyai Bentuk dan kerangka tubuh yang besar dari betina
2. Mempunyai Bulu Hitam Yang berkilau kehijauan - Bulu di badannya terlihat sangat hitam dan mengkilat, sedangkan di dada lebih ke warna coklat gelap.
3. Mempunyai sisik kaki yang agak kasar - Kakinya panjang tebal dan kokoh.
4. Mempunyai ekor yang lebih panjang dari betina. - ekornya panjang mencolok dan bulunya tebal berlapis.
5. Mempunyai bulu yang seperti berminyak (berkilau) 
6. Supit udang (pubis) jika diraba terasa kaku.
7. Kicauan lebih keras, merdu dan bervariasi.
Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
Murai Batu Medan - Jantan
Murai Batu Betina.
  • Mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil dari jantan.
  • Mempunyai ekor pendek dari jantan.
  • Mempunyai bulu yang sedikit di bagian punggung dibanding jantan. (Bulu putih yang ada di bagian punggung terlihat kecil dan menyempit.)
  • Mempunyai bulu yang kurang mengkilap/berkilau dibanding jantan. (Warna bulu dada coklat muda.)
  • Mempunyai Warna bulu yang kurang hitam mengkilap namun lebih kepada abu abu.
  • Kakinya pendek dan tipis tulangnya.
  • Supit udang (pubis) jika diraba lunak dan membuka.
  • Suara kicauan kecil dan cenderung monoton.
Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
Murai Batu Medan - Betina
Sekian info yang bisa kami berikan mengenai beberapa ciri murai batu jantan dan betina terlengkap, mudah-mudahan berguna untuk anda dan terima kasih sudah membaca artikel ini. Lihat juga cara memilih anakan murai batu