Cara Merawat Kaki Kacer Yang Bengkak

Cara Merawat Kaki Kacer Yang Bengkak - Beberapa pencinta burung akan suka apabila lihat burung peliharaanya sehat serta pasti bakal kelihatan menggembirakan. TapiApabila burung mengalami permasalahan terlebih apabila burung sakit tentu anda dapat bingung dan cemas dikarenakan belum tahu langkah menanganinya. Beberapa penggemar burung sudah pasti tidak mau burung kesayangannya alami permasalahan yang sangatlah serius yang dapat menyebabkan cacat, bahkan juga yang terburuk bakal alami kematian.

Cara Merawat Kaki Kacer Yang Bengkak
Kaki Kacer Yang Bengkak

Kesempatan kali ini akan menagani permasalahan pada kaki burung yang paling disayangi yg sakit atau bengkak, ciri-cirnya kebanyakan burung selalu mengangkat kaki samping. Burung yang senantiasa mengangkat samping kaki, cobalah cermati umumnya ada luka/bengkak di kakinya

Sebelum kita jauh membahas tentang bagaimana cara merawat kaki kacer yang bengkak ini ada baiknya kita ketuhi terlebih dahulu apa sebabnya kaki kacer yang bengkak tersebut, di bawah ini adalah tanda tanda dan sebab kacer kakinya bengkak:

Penyebab kaki kacer bengkak

Bagi kacer mania yang sudah paham dengan kaki kacer yang bengkak memang tidak susah mengetahui kaki kacer yang bengkak, namun bagi sobat kacer mania yang belum memahami lebih jelas sebab kaki kacer yang bengkak sebagai berikut:
  • Kemungkinan kaki kacer yang bengkak di sebabkan oleh seringnya kacer beraktifitas / terlalu lincah, sehingga kacer bisa bisa terkilir dan bengkak kakinya.

  • Kacer bisa saja digigit serangga kecil, seperti kutu atau nyamuk, ini diakibatkan anda kurang kasih sayang pada hewan peliharaan karena biasanya sangkar kacer jarang dibersihkan dan kotor.
  • Kacer tidak pernah di keroodong saat malam, sehingga kacer di gigit nyamuk.
Nah dari poin di atas kita akan membahas masalah yang kedua, karena biasanya kebanyakan kacer kakinya bengkak oleh nyamuk atau serangga yang menyerangnya.

Mengatasi dan merawat kaki kacer bengkak

Berikut adalah tips pengalaman apabila burung terkena gigitan serangga/nyamuk, ramuan jitu untuk kaki kacer bengkak:
  • Kunyit.
  • Sehelai Serei
  • Air bersih
Langkah ramuan:
  1. Pertama anda harus menumbuk kunyit dan sere sampai halus.
  2. Kedua Setelah sere di tumbuk halus letakan di wadah kecil atau wadah dari tumbukan itu saja.
  3. Ketiga keluarkan kacer dari sangkar jangan sampai kacer stres.
  4. Keempat oleskan ramuan diatas ke kaki kacer yang bengkak.
  5. Kelima jika anda tidak ingin banyak di kaki kacer bisa anda memakai kain kering untuk menempelkan kekaki kacer
  6. Diamkan selama 10-15 menit kemudian cuci bersih dan masukan lagi kacer kekandang
Jika bengkaknya sudah lama atau sudah membesar:
  1. Sere dan kunyit di balurkan
  2. Isi dari kaki yang bengkaknya besar tadi di keluarkan isinya atau bisa di pecahkan.
  3. Kemudian di cuci bersih dengan air hangat
  4. Ambil sere dan kunyit yang telah di balurkan tadi, dan balutkan di kaki kacer.
  5. Selesai dan masukkan kacer kedalam sangkar.
Proses ini bisa memakan waktu sampai satu minggu lamanya, lakukan langkah di atas 2 hari sekali sampai kaki kacer sembuh total, perlu di ingat kebersihan adalah no 2 setelah pakan yang paling penting dalam memelihara burung kacer. semoga bermanfaat dan kacer yang anda pelihara cepat sembuh ya. baca juga cara merawat kacer saat mabung